• Random Post

  • Membajak Sawah oleh Kristupa

    Selama ini kita sering membicarakan tentang sisi buruk pembajakan, karena dia dapat merugikan pemilik hak cipta dari produk bajakan tersebut. Kita sering membahas tentang seberapa banyak kerugian yang di timbulkan dari barang bajakan. Namun seperti halnya semua permasalahan didunia, pembajakan juga memiliki sisi lain yang  kadang tidak kita sadari. Saya sangat yakin kalau pembajakan itu tidak bisa di hentikan, apalagi jika itu merupakan pembajakan terhadap barang yang di butuhkan orang banyak. Kalau sebuah perusahaan pandai mengatur sebuah pembajakan maka dia akan mendapatkan keuntungan yang cukup besar dari pembajakan.

    Contoh yang pertama adalah Microsoft, dia memiliki produk yang sangat populer beruspa sistem operasi yang bernama Windows. Keberadaan windows ini sangat di cari-cari oleh pengguna jadi bisa di bilang windows termasuk produk yang paling banyak di bajak di dunia. Namun Microsoft kemudian mengambil inisiatif untuk memberikan lisensi gratis buat pelajar dan akademisi sehingga produknya jadi legal. Sasarannya adalah ketika para pengguna yang masih relatif muda terbiasa menggunakan Windows, maka besok saat kerja pilihan sistem oprasinya juga hanya Windows. Jadi nanti ketika mereka bekerja, Microsoft tinggal menawarkan produk mereka pada perusahaan tersebut dengan harga lebih tinggi dan pasti akan di beli oleh perusahaan tersebut.

    Itu sangat boleh dan legal, itu bukan licik namun trik karena kitanya juga membajak sih masa ya mau triak-triak masalah benar dan salah. Lalu contoh juga para penggemar film, jika bukan karena banyak video bajakan muncul di internet maka jumlah mereka akan sangat sedikit karena mereka akan kesulitan mencari film. Mungkin demikian juga untuk musik, video game dan barang digital yang lain. Harusnya para pengusaha sadar jika banyak produk mereka yang di bajak artinya produk mereka bagus dan layak di miliki. Maka daripada di perangi, jadikan pembajakan sebagai partner dan agen penjualan sebuah perusahaan.
    Diberdayakan oleh Blogger.
    rss
    rss


    Copyright © 2010 Neogatotkaca All rights reserved.Powered by Blogger.