• Random Post



  • Dunia Internet sekarang sedang heboh dengan SOPA yang merupakan akronim dari Stop Online Piracy Act atau yang artinya hentikan aksi pembajakan online. Saya sangat setuju untuk mengurangi jumlah pembajakan yang ada di dunia ini karena tentu akan ada pihak yang di rugikan jikalau pembajakan itu menjadi trend seperti saat ini namun untuk menghentikan pembajakan saya rasa itu sangatlah tidak mungkin. Pembajakan muncul karena memang kebutuhan akan suatu produk tinggi namun kemampuan untuk membeli sangatlah rendah maka tidak heran jika kawasan Asia tenggara serta China sangat banyak terjadi pembajakan. Sebagian orang juga menggantungkan kehidupannya dari menjual barang bajakan tersebut sehingga perkembangan pembajakan terutama di Indonesia cukup tinggi.

    SOPA merupakan Rancangan Undang-undang dari Amerika yang berkaitan dengan perlindungan hak intelektual di dunia maya alias Internet. Dalam SOPA pemerintah Amerika memiliki hak penuh untuk menutup sebuah situs yang terbukti terdapat pelanggaran hak intelektual meskipun hanya satu konten dan terdapat di sub domain maka satu domain akan kena. Pemerintah juga berhak untuk menutup perusahaan pengelola website tersebut atau meminta mereka menghilangkan layanan tersebut dari Internet. Kemudian pelanggaran intelektual yang di maksudkan di SOPA adalah segala bentuk media yang mengandung hak cipta namun tidak di keluarkan oleh orang yang tidak memiliki hak cipta. Susah ya bilangnya jadi seperti kita mengunggah video kita yang menyanyikan lagu Simple Plan di youtube maka itu sudah termasuk pelanggaran menurut SOPA.

    Sehingga kalau SOPA lolos sewaktu voting besok tanggal 24 maka kita tidak akan bisa bebas lagi menggunakan internet. Bahkan situs yang memberikan link ke situs penyedia barang bajakan maka situs itu akan terkena masalah di kejaksaan Amerika. Kekayaan intelektual dari seseorang memang harus kita perhatikan karena itu di buat dengan penuh kerja keras dan dedikasi tinggi untuk kebaikan kita semua. Kalau memang gak punya uang untuk membeli namun sangat membutuhkan aplikasi yang serupa saat ini banyak software Open Source yang mampu menggantikannya. Sehingga daripada pakai Windows bajakan mending pakai Ubuntu, daripada pakai Photoshop bajakan mending pakai GIMP serta, daripada pakai Dreamweaver bajakan mending pakai Gedit.
    Diberdayakan oleh Blogger.
    rss
    rss


    Copyright © 2010 Neogatotkaca All rights reserved.Powered by Blogger.