• Random Post

  • Toilet adalah tempat yang wajib ada di setiap tempat-tempat umum, karena hasrat untuk buang air itu masalah penting yang gak boleh di tunda-tunda.  Membicarakan tentang toilet tentunya kita tidak akan jauh-jauh dari kesan jorok dan tidak nyaman, jadi sebelumnya saya minta maaf jika nanti ada perkataan yang kurang berkenan. Kembali lagi bahwa saya mengatakan bahwa toilet itu penting, maka kebutuhan akan sebuah toilet yang bersih dan nyaman adalah sebuah keharusan. Namun sayangnya di beberapa tempat hal tersebut suah terjadi. Jika kita mampir di Mall mungkin kita akan merasakan toilet yang nyaman dan bersih karena mereka memiliki finansial yang cukup sehingga mampu membayar tenaga untuk membersihkan toilet. Namun sayangnya tidak semua tempat memiliki kemampuan finansial seperti Mall, kalau kita mampir di Pom Bensin atau ke sebagian besar tempat wisata dan beberapa tempat lain di Indonesia. Apalagi tempat wisata, toilet bisa jadi sangat jorok karena baunya pesing dan seperti jarang di bersihkan. 
    Lalu permasalahan yang sering muncul ketika mapir ke toilet umum adalah masalah cebok. Di toilet Mall kita hanya akan melihat toilet berdiri yang bentuknya seperti ini.


    Tipe toilet seperti ini seakan menyusahkan kita untuk cebok karena gak ada tempat buat air mengalir selain untuk mengguyur. Lebih susah lagi kalau toiletnya sudah otomatis alias menggunakan alat pendeteksi, jadi ketika kita mendekat toilet mengguyur terus dia akan mengguyur lagi kalau kita sudah selesai pakai. Memang toilet semacam ini adalah teknologi dari barat yang mungkin buat mereka cebok setelah buang air kecil itu tidak perlu, namun di negara kita ini jumlah umat muslimnya mayoritas. Kalau banyak toilet seperti ini maka pertanyaannya apa sebagian besar penduduk Indonesia gak pernah cebok?  Padahal dalam Islam sendiri kita di wajibkan untuk cebok (Istinja') dengan air kalau ada.

    Saya jadi berfikir  toilet umum yang ada di Pom Bensin lebih menunjang kita untuk menjadi lebih bersih walau memang kita harus menghirup aroma amonia dari orang lain di sana. Namun kalau saya berfikir secara global baik toilet di Mall atau di Pom Bensin keduanya menggambarkan bahwa sebenarnya bangsa ini masih memiliki kesadaran akan kebersihan yang sangat rendah. Tak heran kalau ada anak muda yang suka corat-coret tembok dengan nama gangnya, pipis di sembarang tempat, buang air besar seenaknya dan perbuatan kotor lainnya seperti Korupsi. Sebaiknya kita harus muai memperbaiki semua ini perlahan-lahan, semoga kita di berikan jalan dan sekelompok orang yang mau bekerja sama. 
    Diberdayakan oleh Blogger.
    rss
    rss


    Copyright © 2010 Neogatotkaca All rights reserved.Powered by Blogger.