• Random Post



  • Kamis kemarin lihat diskusi menarik di Coffe Break di tvOne, yaitu tentang aplikasi anti-maling laptop yang namanya Gematop (Get Maling Laptop). Alur prosesnya cukup mudah, yaitu ketika aplikasi berjalan maka dia akan memotret menggunakan webcam bawaan laptop lalu mengirimkannya ke email pengguna. Nanti di email tersebut juga di sertakan lokasi yang di peroleh berdasarkan alamat IP laptop saat itu. Sebenarnya juga ada aplikasi yang hampir sama yaitu Adeona namun bedanya Gematop itu berbayar dan hanya support windows XP sedangkan Adeona Gratis dan Open Source serta support multi OS.

    Namun kedua aplikasi tersebut memiliki kelemahan yaitu di wajibkan adanya koneksi internet agar aplikasi dapat mengirimkan email pada pengguna. Ketika tidak ada internet maka aplikasi tersebut akan lumpuh, namun itu bisa di akali kalau aplikasi tersebut mampu mengumpulkan setiap foto yang di hasilkan sampai akhirnya laptop terhubung internet. Kemudian kalau yang mencuri tahu bisa aja di uninstall aplikasinya dan hal itu mudah saja. Bahkan kalau yang mencuri tu pintar, tinggal di install ulang aja sistem operasinya jadi semua bisa beres dengan sekejap.

    Semua yang saya sebutkan di atas adalah sekenario terburuk yang akan terjadi pada software anti-maling yang telah kita install. Sedangkan untuk laptopnya sendiri mungkin setelah di curi bisa saja langsung di jual baik secara utuh maupun terpisah alias di bongakar dulu laptopnya. Initinya sekali laptop di ambil orang kesempatan untuk kembali sangatlah sedikit. Melihat hal itu memang sangat bijak jika kita harus mencegah agar laptop atau gaget kita tidak di ambil oleh orang lain. Mungkin bisa juga di buat aplikasi yang memudahkan pengguna untuk mencegah pencurian laptop. Atau mungkin perlu membuat sebuah alat kamuflase agar laptop kita tidak terlihat mencolok, kalau perlu sampai tidak ada yang tahu kalau kita punya laptop.
    Diberdayakan oleh Blogger.
    rss
    rss


    Copyright © 2010 Neogatotkaca All rights reserved.Powered by Blogger.